indah

indah

Minggu, 22 Januari 2012

Kumpulan Motivasi Hidup


  • Manfaat Dari Rajin Membaca Buku .... !!!! 

Dapat dipastikan semua orang pasti mengenal benda ini, Namanya adalah buku. Sebagai ciptaan yang sangat  bernalar, Manusia tidak terlepas dari yang namanya Buku dari kehidupan sehari-hari. Bahkan saya pikir Tidak berlbihan, jika saya katakana bahwa manusia tidak akan dapat bertahan hidup tanpa buku. 


Mengapa demikian ? 

Karena manusia sangat perlu yang namanya ilmu dan pengetahuan untuk dapat melangsungkan hidupnya . ilmu dan pengetahuan ada di dalam buku. Dan , hal inilah yang membedakan manusia degan ciptaan lainnya, yaitu bahwa buku akan selalu mengiringi perjalanan hidup manusia . 
 
Menurut KBBI, Buku adalah beberapa helai kertas terjilid berisi berbagai tulisan untuk dibaca atau yang kosong untuk di tulis.   Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjdi satu, pada salah satu ujungnya yang berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi dari setiap lembaran kertas pada buku terdebut disebut halaman. Seiring dengan perkembangan dalam dunia informatika, kini dikenal pula istilah e-book tau buku-e (buku electeronik) yang mengandalkan computer dan internet (jika aksesnya online).

1   Sejarah Buku
Ada berbagai sumber yang menguak sejarah tentang buku. Buku pertama disebut lahir di mesir pada tahun 2400-an SM seteleh orang mesir menciptakan kertas papirus yang berisi tulisan ini digulung dan gulungan itu merupakan  bentuk buku yang pertama. 

Ada pula yang mengatakan buku sudah ada sejak zaman sang Budha di kamboza karena pada saat itu sang Budha menulis Wahyuna di atas daun dan kemudia membacanya berulang-ulang. Berabad-abad kemudian di Cina, para cendikiawan menuliskan ilmu-ilmunya diatas liding yang diikatkan menjadi satu. Hal tersebut mempengaruhi sistem penulisan di Cina dimana huruf-huruf cina ditulis secara vertical yaitu dri atas ke bawah.

Buku yang terbuat dari kertas baru ada seselah cina berhasil menciptaka kertas pada tahun 200-an SM dari bahan dasar bambu ditemukan oleh Tsai Lun. Kertas membawa banyak perubahan pada dunia. Pedagang muslim membawa teknologi penciptaan kertas dari cina ke eropa pada abad 11 Masehi disini Industri kertas bertambah maju. Apalagi diciptakan dengan mesin cetak oleh Gutenberg , perkembangan  dan kemajuan buku mengalami revolusi. Kertas yang ringan dan bertahan lama dikumpulkan menjadi satu dan terciptalah buku. 

2   Jenis Buku
Ada beberapa jenis  yang lahir karena perkembangan teknologi madern saat ini. 

Kitab berarti sudah teks atau rulisan yang dijilid menjadi satu, biasanya kitab merunjuk ke pada jenis tulisan yang mampu mengimplasikan hukum, atau dengan kata lain undan-undang yang mengatur. Istilah kitab biasanya digunakan untuk menyebut karya sastra para pujangga pada maa lasa lampau yang dapat dijadikan sebgai bukti sejarah untuk mengungkapkan suatu peristiwa masa lampau. 

Buku electronic atau e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan computer untuk menayangkan informasi multimedia yang ringakas dan dinamis, dalam sebuah e-book apat di intrgrasikan tayangan suara,gafik,gambar,animasi maupun movie sehingga informasi yang disajikan lebih karya dibandingkan dengan buku konvensioal, jenis e-book paling sederhana yang sekedar mamindahkan buku konvensional . mejadi bentuk electronic yang yang ditayangkan oleh computer . dengan teknologi ini, ratusan buku dapat disimpan dalam satu keping CD atau compak Disk (Kapasitas 700 MB) DVD atau digital versatile disk ( kapasitas 4,7 sampai 8,5 GB) maupun flashdisk (saat ini kapasitas yang tersedia sampai 16 GB) 

Bentuk yang lebik Kompleks dan memerlukan rancangan yang lebih cermat misalnya pada microsof Encarta yang merupaka Encyclopedia dalam format multimedia . Format multimedia memungkinkan e-book menyediakan tidak saja informasi tertulis tetapi juga suara,gambar,movie, dan unsur multimedia lainnya. Penjelasan tentang satu jenis music misalnya, dapat disetai dengan cuplike suara jenis music tersebut sehingga pengguna dapat dengan jelas  memahami apa yang dimaksud oleh penyaji. Pencinta buku biasanya dijuluki sebagai seorang bibliofil atau kutu buku. berapa jenis buku yang seperti: novel,majalah, kamus,komik,ensyclodopedia, kitab suci, dll.

3.  Manfaat Buku
Kebayangkan orang begitu sibuk dengan kehidupannya sehingga tidak cukup waktu untuk membaca buku, orang lebih senang menonton film televisi atau perminan game computer. Dan mengabaikan waktunya untuk membaca . Padahal, membaca tidak hanya memperkaya wawasan tetapi juga bermanfaat utuk kesehatan. Setidaknya ada lima kesehatan yang dihasilkan bila kita rajin membaca  Yaitu :

Melatih otak.
Salah satu keuntungan membaca buku adalah sebagai latihan otak dan pikiran. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu berjalan sesuai dengan fungsinya secara sempurna. Saat membaca otak ditutut untuk berpikir lebih sehingga mampu membuat orang semakin cardas. Tapi untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin.

*   Merigankan stress.
Stres adalah faktor resiko dari beberapa penyakit berbahaya. Keindahan bahasa dalam tulisan dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stress, terutama membaca buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagus untuk mengatasi stress.

*   Menjaukan resiko penyakit Alzheimer.
Mambaca banar-banar langsung dapat meningkatkan daya ingat otak. Ketika membaca otak akan di rangsang dan stimulasi (Ransangan ) secara teratur dapat membantu dan mencegah gangguan pada otak dari pennyakit Alzheimer.

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain tka-teki silang,Sudoku, dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini meransang sel-sel otak dapat terhubung dengan anggota tubuh lainnya sehingga dapat menambahkan  daya ingat yang baik buat yang rajin membaca. 

Mengembangkan pola tidur yang sehat. Bila anda terbiasa membaca buku sebelum tidur. Maka itu bertindak sebagai alaram bagi tubuh dan mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya tidur. Ini akan membantu anda menapatkan tidur yang nyenyak dan bangun segar di pagi harinya .

Meningkatkan konsentrasi. orang yang suka  membaca akan memiliki otak yang konsentrasi dan fokus , Karena ini, pembaca kan memliki untuk melakukan perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan dan objeksiitas dan pengambilan keputusan.

Jadi jangan hanya menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton teleisi atau bermain game computer, tetai juga luangkan waktu untuk membaca buku. kebiasaan itu tidak hanya akan menyegarkan pikiran tetapi juga memberikan manfaat untuk kesehatan dan kehidupan .

Banyak orang bilang, buku adalah sumber ilmu, buku adalah jendela dunia. Tapi sayangnya saat ini posisi buku rasanaya tergeser leh internet. Banyak orang yang lebih memilih untuk berlancar di dunia maya untuk membaca atau hanya sekedar Up- Date status. Bahkan yang lebih parah lagi jika Anda bilang ngapaen beli buku lagi, sekarangkan udah ada di internet, kita tinggal browsing aja jadi dehh. Tetapi tidak demian orang-orang yang benar-benar haus akan ilmu dan pengetahun serta yang peduli akan kesehatan otaknya  . 



Oleh :  Rimson Chandra Napitupulu  (UNIMED)
            Boyen Tampubolon 






  

2 komentar:

  1. Kalo bagi umat Islam, Nabinya memerintah untuk membaca al-Quran sampai tamat dalam satu bulan.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus