indah

indah

Sabtu, 28 Januari 2012

Proposal Bisnis (Buka Usaha Dagang)


Berikut Contoh Proposal Pembukaan Usaha dagang UD. Tani Jaya yang Beralamat di Kabanjahe Medan, Sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Semester di Universitas Darma Agung Medan . mungkin proposal ini sangat bermanfaat buat teman-teman mahasiswa sekalian .   


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat dan Rahmatnya  saya dapat menyusun proposal ini, dimana proposal ini Sebagai Tugas Akhir Semester Mata Kuliah Komunikasi bisnis . Dan tentunya dalam penulisan proposal ini masih ada yang kurang sesuai dengan apa yang diharapkan. Dan saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membagun untuk memperbaiki tugas proposal dihari-hari kemudian. Susunan ini saya susun berdasarkan hasil observasi saya Untuk Membuaka Usaha Dagang Tani Jaya. Oleh karena itu saya sebagai penyusun mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala bantuan  yang diberikan terutama Bapak Pengajar Bapak Agam Sinaga,SE,MSi  yang mengajar mata pelajaran ini.
Akhirnya peyusun berharap semoga proposal ini dapat bermamfaat bagi kalangan Maha siswa secara umum dan sesuai dengan apa yang di harapkan oleh Bapak/Ibu yang mengajar mata pelajaran ini.


1        LATAR BELAKANG USAHA

      Dengan  usaha  yang ada sekarang ini sudah terbilang banyak dan beraneka ragam usaha yang berkembang, jumlah penduduk yang terus bertambah,  perekonomian yang semakin sulit dan lapangan kerja yang peluangnya semakin sedikit, membuat penduduk semakin banyak penggangguran. Buat saya masalah yang cenderung sekarang ini tidak jadi persoalan selama ada kemauan dari kita memamfaatkan kemampuan dari skiel yang ada pada kita bisa mengurangi permasalahan permerintah soal penggangguran dan masalah krisis ekonomi sekarang ini menyalurkan bakat dengan membuka usaha seperti berdagang menjual barang lansung kepada konsumen, Terutama Masalah untuk mendapatkan kubutuhan berupa barang , mereka yang tinggal di pedesaan sulit untuk mendapatkan berbagai macam barang dan kubutuhan  yang paling mereka  butuhkan seperti makanan , pakaian , pupuk dan obat-obatan untuk  tanaman yang meraka tanam , penduduknya banyak tapi tempat penyaluran barangnya terbatas hingga mereka sulit untuk mendapatkan kebutuhan mereka dengan demikian saya sangat bertekat Untuk membuka Usaha Dagang Pupuk dan Obat – obatan tanaman di Kaban jahe Dengan Nama Usaha Usaha Dagang Tani Jaya . Karena Disana Mayoritas Petani karena tanahnya Subur .


PROSES ADMINISTRASI USAHA 
Suatu kegiatan usaha akan berjalan lancar, jika dalam pengaturan adminnistrasi usaha dapat tertata dengan baik.
Adapun kegiatan pengaturan administrasi usaha yaitu :
  •  Membuat catatan usaha
  • Membuat catatan barang di Bagian
  •  Membuat catatan keuangan usaha

  • Membuat catatan konsep pemasaran dan volume penjualan para konsumen yang sudah menjadi langganan, patner usaha

  • Membuat catatan surat menyurat penjualan
Kegiatan administrasi kantor merupakan fungsi dalam usaha yang bertangguang jawab dalam pelaksanaan operasi pekerjaan untuk dapat memaksimalkan pekerjaan yang bersifat ketatausahaan ini, setiap orang yang bertanggung jawab dalam pekerjaan administrasi usaha.

1         UPAYA PENGEMBANGAN DAN KETAHANAN USAHA
Dari pengamatan yang saya perhatikan di pedesaan pada umumnya tingkat penyaluran barang berupa kebutuhan kepada penduduk pedesaaan  sangatlah minim dan terbatas dengan penduduk yang sudah berpenduduk banyak, maka dengan itu saya sangat terinpirasi untuk membuka usaha pupuk dan obat-obatan tanaman secara lengkap di Kabanjahe (Medan) . 
Melihat situasi penyaluran barang yang sangat strartegis dan tingkat persaingan perdagangan barang yang tidak begitu banyak  saya sangat yakin pengembangan usaha ini sangatlah cocok, bukan itu juga pertahanan usaha ini sangatlah dijamin maka jika pelayanan yang kita buat nanti baik an memuaskan terhadap konsumen , saya bisa jamin usaha ini pasti lancer sesuai dengan yang saya harapkan .  
Dari pengamatan data usaha, diantaranya untuk ketahanan usaha yaitu :
  • Usaha harus mempunyai kelebihan

  • Meningkatkan kualitas usaha

  • Meningkatkan pemerataan pendapatan

  • Memamfaatkan sumber daya yang ada

  • Meningkatkan kesejahteraan anggota kerja

  • Mendorong pembuatan produk yang inovatif

  • Meningkatkan kegiatan usaha.

1            ALASAN MENEKUNI USAHA TERSEBUT
Malihat kemajuan pertanian di kabanjahe yang semakin  maju dan semakin berkembang dan tingakat permintaan kebutuhan berupa kebutuhan untuk tanaman mereka yang semakin meningkat setiap tahunnya karena keberhasilan dari pertanian mereka , sehingga mayoritas penduduk Kabanjahe meningkatkan usahanya di bidang bercocok tanam deripada menekuni usaha yang lain , semakin tersedianya nanti obat-obatan tanaman mereka  maka semakin meningkat pulalah daya tarik untuk bertani dan permintaan merekapun akan semakin meningkat pula . 
1         RENCANA USAHA
Suatu usaha dapat berjalan dengan baik tergantung kita yang menjalankannya dan komunikasi kita kepada konsumen maupun pesentasi pasar yang bisa kita lihat naik dan turunnya permintaan barang yg kita kita jual , banyak usaha yang bisa dijalankan oleh masyarakat akan tetapi,

1         PROSES PERENCANAAN BIAYA PENDIRIAN USAHA
Adapun proses perencanaan pembiayaan dalam pendirian Usaha Dagang Tani Jaya adalah Sebagai berikut :
Perencanaan Biaya Usaha Dagang Tani Jaya
No
Keterangan
Kg/botol
@ Harga
Jumlah
1
Biaya Sewa Gedung
-
-
Rp.30.000.000,-
2
Biaya Peralatan Toko
-
-
Rp.15.000.000,-
3
Biaya Perlengkapan Toko
-
-
Rp.  5.000.000,-
4
Dibeli Pupuk urea
10000 kg
Rp.3000,-
Rp.30.000.000,-
5
Dibeli Pupuk Za
5000 Kg
Rp.5000,-
Rp.25.000.000,-
6
Dibeli Pupuk TSP
10000 Kg
Rp.5000,-
Rp.50.000.000,-
7
Dibeli Pupuk SS
5000 Kg
Rp.6000,-
Rp.30.000.000,-
8
Dibeli Pupuk Paten Kali
1000  Kg
Rp.5000,-
Rp.  5.000.000,-
9
Dibeli Pupuk Lsn
5000 Kg
Rp.4000,-
Rp.20.000.000,-
10
Dibeli Polaris
7 Botol
Rp.25.000,-
Rp.17.500.000,-
11
Dibeli Obat Tanaman lainnya
90 Botol
Rp.20.000,-
Rp.18,000.000,-
12
Dibeli Pestisida
45 Botol
Rp.10.000,-
Rp   4.500.000,-
Total
Rp.250.000.000

1       PELAYANAN KEPADA PELANGGAN
Didalam menjalankan suatu bidang usaha yang paling penting memang pelayanan yang kita berikan kepada pelanggan dan konsumen yang datang kepada kita. Memberikan pelayanan prima bisa menjadi nilai tambah agar konsumen atau pelanggan mendapat sevice yang baik. Dan tingkat Kondisi  Kualitas barang juga sangat berpengaruh buat keberhasilan Usaha ini . Adapun yang patut di Kuasai oleh bagian Gudang dan bagian keuangan Adalah Sebagai berikut :
  • Memberi Jenis barang yg sesuai

  • Selalu berkata jujur

  • Dapat menerangkan Manfaat suatu barang

  • Mengecek barang sebelum mengantar ke si pelanggan
      LAPORAN LABA DAN RUGI
Berikut laporan Keuangan Usaha Dagang Tani jaya Periode ini dapat saya rangkumkan  di bawah ini sesuai dengan faktanya dan sudah di sesuaikan dangan buku administrasi Bagian gudang administrasi toko dan Ankuntan penyidik .

Daftar Perkiraan Biaya
No
Keterangan
Debet
Kredit
1
Kas akhir periode Atas Penjualan
Rp.350.000.000,-

2
Modal Awal UD. Tani jaya

Rp.250.000.000,-

Laba Kotor Atas Penjualan
Rp.100.000.000,-

3
Bayar Upah Kariawan 

Rp.25.000.000,-
4
Bayar Upah angkot  Barang

Rp.  5.000.000,,-
5
Bayar Asuransi Toko

Rp. 15.000.000,-
6
Bayar Tagihan Tlpn,air,listrik

Rp.   2.000.000,-
Laba bersih UD. Tani Jaya
Rp.53.000.000,-

Modal UD.TANI JAYA
1
Modal Awal
Rp.250.000.000
2
Laba Atas penjualan
Rp.  53.000.000
Modal Akhir UD.TANI JAYA
Rp.303.000.000





Dalam periode ini UD.TANI JAYA , memperoleh Laba bersih  Rp. 53.000.000,- dan semua Laba itu ditambahkan untuk Modal berikutnya hingga modal akhir UD.TANI JAYA sebesar  Rp.303.000.000,-
PENUTUP

Dalam melakukan usaha dituntut serius dan fokus kita tidak bisa memulai usaha dengan setengah-setengah dan dikerjakan, meskipun usaha tersebut berupa usaha sampingan. Kegagalan usaha sebenarnya bukan disebabkan orang lain, tetapi berasal dari diri kita. Dengan demikian ketekunan dalam menjalankannya adalah suatu keharusan. Perhitungan-perhitungan yang matang selayaknya dilakukan di awal mulai usaha karena sekali kita salah dalam perhitungan awal, yang terjadi adalah efek berantai dimana kita akan terus menerus mengalami kesalahan, sementara modal lama kelamaan tersedot habis.
Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika kita ingin memulai usaha, belajar kepada mereka yang lebih sukses agar kita dapat memilih mana yang pas dan mana yang kurang. Dengan demikian, kita akan terhindar dari resiko yang lebih besar. Bukan itu juga Dengan pemasaran barang di tempat yang stategis dan mendukung serta pelayanan yang memuaskan maka suatu usaha Dapat berkembang dengan baik Sesuai dengan yang diharapkan. 


Oleh : Boyen Tampubolon
.


2 komentar:

  1. makasih infonya gan.
    Semoga info ini bermanfaat juga, memang banyak orang yang ingin sukses udaha dagang nya tanpa dibarengi dengan kualitas produk & pelayanan yang dijualnya. Bagaimana bisa? Karena yang namanya cara dagang memang perlu adanya peningkatan kualitas barang dagangannya. Tak perlu melakukan hal yang repot seperti belajar bisnis atau kursus online, seperti wanita yang ingin belajar materi dalam hal kecantikan (tata rias) di tempat penghasil bahan-bahan maklon kosmetik aman tidak berbahaya. Umumnya orang dagang sudah punya banyak pengalaman sebagai usaha nyata (lahir) nya, tapi terkadang masih kurang mengerti ilmu pelarisan seperti dalam usaha batin nya. Maka dari itu silakan coba mengimbangi dengan sarana batin, seperti menggunakan sarana pelarisan. Banyak orang yang bilang sebaiknya memang usaha nyata (lahiriah) dengan usaha batiniahnya harus seimbang. Berbicara masalah pelarisan dagang, ada yang pernah menyarankan menggunakan sebuah JIMAT yang katanya AMPUH. Informasi jimat penglaris selengkapnya ini
    saya peroleh dari DISINI>> JIMAT PELARISAN
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Ridge Wallet Titanium Classic Wallet
    Ridge titanium uses Wallet Titanium Classic Wallet camillus titanium provides a simple but flexible wallet design. With a joico titanium variety of ti89 titanium calculator features to keep your wallet comfortable while $47.00 · ‎In titanium symbol stock

    BalasHapus